Jember: INTERNATIONAL TOBACCO EXPO & ESDM 2013

Even Jember
INTERNATIONAL TOBACCO EXPO & ESDM 2013 Entrace
Aku bela-belain datang ke acara ini sendirian karena konon kata temanku ini dulunya adalah sebuah acara yang bernama Jember Expo yang berganti nama,tapi dia juga gak tau kapan diselenggarakan. Jember Expo merupakan sebuah acara tahunan Jember yang setiap tahun pasti aku datangi (eh tahun lalu aku gak hadir, atau mungkin memang tahun lalu gak ada Jember Expo?). Seperti namanya, Jember Expo memamerkan kekayaan Jember dibidang perekonomian dan industri. Baik itu sumber daya alam, sumber daya manusia, dan perniagaan Jember. Lalu benarkah International Tobacco Expo & ESDM 2013 ini sama seperti Jember Expo dulu? Diliat dari namanya saja sudah jauh berbeda bukan? Yok kita kemonn...

Kembali ke masa lalu dulu yok kawan. Sejak kecil aku memang suka acara pameran-pameran gini. Biasanya sih aku liat acara beginian bareng keluargaku, ayah, ibu, dan adikku. Sedari kecil aku juga dibiasakan agar tidak 'jajan' waktu jalan-jalan. Jadi waktu liat pameran begini ya cuma jalan-jalan sama liat-liat aja. Meskipun dibiasakan seperti itu, orang tuaku juga gak jahat loh. Tujuannya baik, selain untuk menghemat juga bisa melatih dalam mengatur keinginan kami. Tapi namanya orang tua, dimana-mana sama. Terkadang juga gak tega kalo gak jajanin anaknya hehehehe meskipun sudah dibuat peraturan seperti itu. Pernah suatu kali kami dibelikan sepasang kelinci sepulan liat pameran. Itu sudah lama sekali, kalo gak salah itu waktu aku masih SD. Ntah itu pameran Jember Expo atau bukan aku lupa. Yang jelas pameran sejenis lah. Kelinci yang Ayahku belikan usianya gak lama. Baru 2 atau 3 bulan beli, mereka sudah mati. Yang satu mati karena sakit, lalu selang beberapa hari yang satunya mati karena nyemplung sumur. Stres karena pasangannya mati kali ya... hehehehehe. Oke kita naik mesin waktu lagi dan kembali ke masa sekarang.

Even Jember
Susunan Acara
Ternyata acara ini udah dibuka sejak tanggal 11 September kemarin dan ditutup tanggal 15 September 2013. Pameran yang singkat. Untung aku gak telat baca status salah satu temanku di Facebook. Aku gak pernah membaca dengan seksama susunan acara pada suatu acara. Asal jalan aja sih. Apa lagi ini acara pameran, ada acara apa lagi yang menarik selain pameran itu sendiri? Tak seperti Jember Expo yang harus membayar karcis masuk yang berkisar (seingatku) Rp 5000 sampai Rp 12.500 itu juga belum parkir kendaraan. Pada International Tobacco Expo & ESDM 2013 aku hanya membayar parkir dan masuk ke lokasi gratis-tis-tis. Di pintu masuk aku membaca sekilas tentang maksud dari acara ini.
Pameran internasional yang diikuti oleh eksportir-importir produsen rokok, pemerintah daerah, pusat penelitian, pelaku usaha, ukm, perhotelan, perbankkan, otomotif, kuliner, handycraft, dll.
Gedung di Jember
Gedung Serbaguna - GOR Kaliwates
Lah kok titik beratnya pada rokok ya?! Emang yang diharapkan apa sih? Pameran gadget? Atau pameran teknologi? Ya gak mungkin lah, diliat dari judulnya aja udah "TOBACCO" alias tembakau. Jadi ya wajar kalau titik beratnya rokok (kalau rokok sisi positifnya SPGnya dong ya? hehehehehe). Liat parkiran udah sepi, udah pesimis bakal ramai. Mungkin salahku juga sih ya, acara pembukaan (pasti ramai-ramainya) tanggal 11 September 2013, lah aku datang tanggal 13 September 2013 jam 2 siang pula, gimana gak sepi. Bukannya aku mau bilang ini 13th Friday seperti yang dituliskan oleh National Geographic Indonesia. Aku gak percaya takhayul, gak ada tuh namanya angka sial apa lagi hari sial. Apa lagi ini hari Jum'at. Its great day! Semua angka dan semua hari itu baik. Tapi hari ini merupakan hari pertengahan acara gitu dan diliat dari susunan struktur acaranya, gak ada acara yang berarti tanggal 13 September. Apa lagi jam 2 siang waktunya orang tidur siang. Jelas sepi. Tapi kalau datang malam apa iya pasti ramai? Gak pasti juga kan? Mending malam itu waktunya istirahat dan tidur hehehehe.

Even Jember
Beberapa Stand Awal Pintu Masuk
Awal masuk udah disuguhi stand-stand dari beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Pakusari, Sumbersari, Panti dan beberapa aku lupa. Sejenak aku pikir memang gak beda sama acara Jember Expo. Tapi setelah masuk, lha kok banyak berbeda. Meskipun sama mengusung tiap kecamatan, tapi ada yang kurang. Kalau di Jember Expo dulu usaha dagang untuk rumah tangga dan teknologi dari pihak swasta pun turut andil dalam acara pameran ini. Tapi sekarang, yang ada cuma dari kecamatan-kecamatan ditambah dengan stand dari beberapa dinas dan BUMN. Pihak swasta yang hadir (aku gak ngerti itu swasta atau bukan) ya cuma tentang rokok dan tembakau. Yang beda dari rokok dan tembakau ya cuma Koyo motor, rumah musik dan beberapa Bank ditambah dengan media. Stand teknologinya cuma satu, itupun kecil.

Even Jember
Stand Kecamatan Panti
Setiap kecamatan memamerkan produk unggulan daerah mreka, sperti kecamatan panti misalnya, memamerkan hasil karya pembuatan wajan, panci dan berbagai macam alat dapur dari almunium (handycraft).

Even Jember
Stand Kecamatan Ambulu
Kecamatan Ambulu memamerkan kerajinan dari cangkang kerang dan keong laut.

Even Jember
Stand Kecamatan Tempurejo
Kecamatan Tempurejo memamerkan kerajinan yang terbuat dari pecahan-pecahan kaca yang disusun menjadi ornamen unik. Seperti asbak, tempat pensil dan vas bunga.

Stand Batik Jember
Stand Rumah Batik Rolla (home made) memamerkan lembaran-lembaran kainbaik khas Jember, baik yang masih berupa kain maupun yang sudah jadi baju. Ada banyak jenis tembakau dipamerkan di stan DPD Asosiasi Petani Tembakau Indonesi (APTI) Jawa Timur. Masih banyak stand yang aku cuma bisa ambil fotonya dan gak ngerti mau nulis apa buat keterangannya. Otakku buntu, kebanyakan tentang tembakau jadi aku gak ngerti hehehehe ditambah beberapa stan hanya memamerkan camilan a.k.a. makanan kecil, apa yang bisa aku review dari itu? Semua orang tau, dan semua orang suka itu.

Stan DPD APTI
Stan DPD APTI
Hiburan Musik Band Lokal Jember
Stand Kecamatan Balung
Stand Bina Mitra Desperindag & ESDM
Stand Festifal CETHE
Capek juga muter-muter bolak-balik liatin semua stand. Yang isinya standart. Jauh dari bayangan nostalgia yang aku bayangkan. Tapi tak apa lah terobati karena ini even rokok, tau kan apa yang spesial dari even rokok? Gak tau? Loh bukannya udah aku sebutin diatas ya? hehehehehe. Lumayan menghibur lah ngliatin mreka semua. Mungkin International Tobacco Expo & ESDM ini sesuatu yang berbeda dari Jember Expo, namanya juga berbeda dan sensasinya juga beda. Dan ini merupakan tahun pertama diadakan International Tobacco Expo & ESDM. Ya sudah yok markipul...

Baca juga kisahku yang lain untuk lebih mengenal Jember, Bercengkrama Dengan Alam Jember dan Cerita Lain Pada Jember Fashion Carnaval. Nah setelah jalan-jalan liburan pasti lapar kan? Yuk mari icip-icip kuliner Jember, Rujak Bu Pani Kebonsari. Abis itu mampir deh buat baju ke RUDYS Tailor.

Gor Kaliwates
Ekspresif Tanpa Dosa, seorang gadis kecil bermain layang-layang bersama keluarganya di areal Gedung Serba Guna - International Tobacco Expo & ESDM


Posting Komentar untuk "Jember: INTERNATIONAL TOBACCO EXPO & ESDM 2013"